IDE Bisnis Dari Hobby Sendiri

Hasil gambar untuk gambar kulit durian


Ide bisnis ini muncul dari hobby atau kesukaan saya makan buah durian, dan perihatin terhadap banyak sekali limbah kulit durian yang berserakan. Sudah banyak sekali ide - ide di luaran sana tentang ide bisnis terhadap buah durian dimana yang mereka manfatkan adalah daging durian. Namun, kali ini saya akan memanfaatkan kulit durian dan mempunyai ide binis dari kulit durian itu sendiri yaitu membuat:
 "Kuldy (Kulit Durian Crispy Cemilan Sehat Untuk Mengurangi Limbah kulit Durian)".

Buah durian sering kita temui dipasar serta di pinggir-pinggir jalan. Namun, Menimbulkan Dampak buruk dari kegiatan tersebut yaitu pedagang membuang kulitnya di pinggir jalan atau hanya ditumpuk di pojokan pasar. Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri, apalagi kulit dari buah durian memiiki bau yang tidak sedap. Selain itu, sampah  ini juga berbahaya apabila berserakan di jalan, karena durinya yang tajam bisa melukai kaki pengguna jalan. Pada musim durian tiba banyak penyakit menular seperti muntah berak dan gatal-gatal pada kulit di karenakan pembuangan sampah kulit durian sembarangan.Selama ini Kulit durian hanya menjadi limbah yang tidak berguna, yang dimanfaatkan hanya daging durian, sementara kulitnya dibuang atau bahkan ada yang membiarkannya berserakan begitu saja. Padahal sebenarnya kulit durian ini berpotensi menjadi produk andalan yang memiliki prospek ekonomi yang sangat menjanjikan. Terlebih jika dilihat potensi bahan baku dari durian ini yang sangat mendukung.

Ide bisnis ini akan menciptakan pangsa pasar baru, karena belum memiliki banyak saingan dari produk kulit durian, maka Kuldy merupakan cemilan inovatif untuk mengurangi limbah kulit buah berduri itu. Keripik ini nantinya akan dibuat menjadi bentuk yang kekinian, seperti bentuk stik dan juga di beri beberapa varian rasa. Selain bentuk yang kekinian, keripik ini juga akan di packaging yang tertutup dan komunikatif dalam menyampaikan pesan rasa kepada konsumen, sehingga menarik minat masyarakat. Keripik ini juga akan diberikan nama rasa yang unik seperti rasa perjuangan untuk varian rasa pedas, rasa yang tertinggal untuk varian keju, rasa baper untuk varian coklat, dan juga rasa kenangan yang merupakan varian original.


Adapun tahapan yang akan dilakukan dalam Ide Bisnis ( Kulit Durian Crispy) ini :
1. Persiapan (Observasi yaitu: Persiapan alat dan bahan)
2. Produksi (Pengelolahan Kripik dan perizinan)
3. Promosi (Sosial Media, Offline, e-Commerce)
4. Evaluasi
5. Laporan 

DURIAN → KULIT DURIAN→1.KRIPIK CRISPY
                                                      2.MENGURANGI LIMBAH KULIT DURIAN
                                                      3.MENJADI PELUANG USAHA ATAU IDE BISNIS 
                                                      4.MENINGKATKAN PEREKONOMIAN
                                                      5.MENCIPTAKAN LAPANGAN PEKERJAAN
                                                      6.MENCIPTAKAN PRODUK CEMILAN BARU .
                                                     
Banyak sekali ide - ide bisnis yang kita akan dapat, bukan hanya dari hobby, namun bisa dari pengalaman, pendidikan dan observasi. Sehingga dari diri sendiri kita akan menemukan bisnis apa yang tepat untuk diri kita. Maka, kembangan ide itu dan kita akan menjadi pembisnis yang sukses


Terimaksih, Semoga bermanfaat. Elmiza Md.💪

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WONDERFUL INDONESIA - BENGKULU

Prosedur dan Syarat Pendirian Perseroan

"My Goals" EL