my mother is my inspiration



Semua manusia pasti mempunyai rasa sayang dan cinta, begitulah ungkapanku kepada ibuku. Cinta pertamaku pasti kepada ibuku, sang malaikat yang di kirim Tuhan untuk menjaga anak - anaknya. Banyak yang menjadikan seorang ibu sebagai contoh atau suritauladan untuk hidupnya. dan kita juga punya alasan masing-masing kenapa menjadikan ibu kita sebagai contoh atau suritauladan untuk kehidupan kita, ada yang karena kecerdasannya, kepribadianya, cara mendidiknya, cara komunikasinya, kecantikannya dan bahkan mungkin karena perjuangan hidupnya yang telah merawat kita hingga dewasa. 
Memaknai arti seorang ibu tentu banyak orang yang memaknainya berbeda-beda, bagi ku seorang ibu adalah sumber inspirasi tiada henti yang membuatku mengerti tentang tujuan hidup sebenarnya. Dari kisah hidupnya aku memahami apa arti kesabaran, tanggungjawab, ketaatan beribadah, saling tolong menolong, kepedulian terhadap sesama dan kemandirian.
Sedikit cerita tentang keluargaku, aku terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Adakalanya mengalami masa-masa kritis dalam hidup. Tapi, kedua orangtua ku sangat mengutamakan anak-anaknya supaya kesehatannya tetap terjamin. Aku emang tidak melihat perjuangan ayah ku seperti apa karena aku ditinggal ayahku sejak aku masih bayi dan kakak-kakakku masih duduk di bangku sekolah. Kakakku yang sering cerita bahwa ayah tak kalah luar biasa perjuanganya untuk anak-anaknya. Aku melihat perjuangan ibu saat kami ditinggal ayah, ibu sendirian mencari nafkah untuk kami, mulai dari berkebun, bersawah, karet bahkan jadi penjual ikan kepasar yang tempatnya jauh dari rumah, itu semua buat kami makan dan biaya sekolah. Aku benar-benar melihat perjuangan seorang ibu yang sangat luar biasa. 
Aku bangga pada ibu walaupun ibuku hanyalah seorang yang pendidikannya mungkin bisa dikatakan rendah, bahkan SD pun tidak lulus. aku bangga pada ibu walaupun ibuku hanyalah seorang petani. Aku bangga pada ibu walaupun ibuku tidak memiliki pekerjaan yang prestise seperti ibu-ibu lainnya. Aku bangga pada ibu karena beliau adalah  sumber inspirasi tiada henti bagi hidupku.
Ibuku sebagai inspirasi yang membuatku mengerti tentang arti kesabaran
Ibuku mempunyai kesabaran yang luar biasa. Dia tetap berjuang dan berusaha mencari nafkah untuk anak-anaknya, yang kala itu dia ditinggalkan ayah untuk selamanya dan 5 orang anak yang harus dia perjuangkan. Ibu bekerja dari pagi dan pulang sudah sangat malam tak ada istirahat yang cukup untuknya yang dia pikirkan adalah bagaimana pun anaknya harus bisa makan dan sekolah. Pekerjaan ibu bukanlah mudah, dari pagi ke sawah, sore ke kebun karet dan malam dia pun harus ke tempat Pelelangan ikan untuk membantu nelayan melepas ikan dari jalanya untuk nanti ibu bantu jualkan pada waktu subuh di pasar. Sungguh itu bukan pekerjaan yang dilakukan seorang perempuan. namun, ibu hebat dia melakukannya. Hampir 6 tahun ibu bekerja keras seperti itu. Berkat kesabaran tinggi yang dimiliki ibu,  ia tetap bertahan dan berusaha walaupun terbelit dalam kondisi yang sangat sulit. Tidak ada kata mengeluh dalam dirinya. baginya, sabar adalah cara yang terbaik untuk menjalani hidup bersama anak-anaknya.
Ibuku sebagai inspirasi yang membuatku mengerti tentang arti ketaatan beribadah
Satu hal yang membuat ibuku tetap tegar dalam menghadapi kesulitan-kesulitan dalam hidupnya adalah karena dia selalu percaya bahwa semua yang dilakukannya di dunia ini adalah bentuk ibadah kepada Allah. Oleh karena itu ibuku selalu tulus dalam menjalani hidup. Ibuku selalu sadar dan yakin bahwa setiap yang kita lakukan dan perbuat di dunia ini selalu diawasi oleh Allah Swt. oleh karena itu ia sangat taat beribadah. Walaupun seharian ibuku bekerja ia tak pernah lupa untuk sholat dan tengah malampun ia selalu bangun untuk memanjatkan doa dalam sholat tahajud.
Ibuku sebagai inspirasi yang membuatku mengerti tentang arti saling tolong menolong
Ibuku selalu mengajarkan untuk selalu menolong sesama yang membutuhkan. menolong itu tidak selalu dalam bentuk materi. Menolong bisa dalam bentuk ide, tenaga, pikiran dan sebagainya. Ini tidak hanya ucapan ibu tapi aku melihat ibu melakukannya. Aku ingat waktu itu ada tetangga ku yang lagi kesusahan untuk makan, dia tidak punya beras untuk makan sedangkan dia mempunyai 3 orang anak. Suaminya pun sudah lama meninggal. Dia datang kepada ibu untuk meminjam uang ataupun beras yang bisa di makan untuk anakya. Aku tau waktu itu kita pun juga lagi kesusahan untuk makan. Namun ibu dengan ikhlas menolongnya dan memberi sedikit beras dan sejumlah uang. Dari cerita itu aku melihat rasa tolong menolong ibuku sangat tinggi dan itu yang diajarkannya kepada anak-anaknya.
Ibuku sebagai inspirasi yang membuatku mengerti tentang arti kemandirian
Ibuku lahir disebuah desa di daerah pegunungan Bengkulu. di desanya masih sangat kental dengan adat istiadat. Dimana waktu itu ia ingin dinikahkan dengan orang pilihan ibunya. Ia tidak mau dan membrontak. Akhirnya ia pergi ke kota lain untuk mencari pekerjaan. Pada saat itu ia ingin membuktikan bahwa ia bisa menjadi orang yang sukses. dengan rasa percaya yang tinggi ia yakin bahwa ia akan sukses. Hidup di kota bukan lah hal yang mudah. ibu sudah melalui semuanya suka dan duka sudah ia lewati semua. Tercermin kemandirian dalam dirinya dan itu dibuktikannya. kemandirian selalu diajarkan ibu kepada anak-anaknya. Dan sekarang aku merasaknnya jauh dari orang tua, merantau ke kota untuk mencapai kesuksesan.

Sungguh luar biasa dirimu wahai ibu, aku bangga padamu,
Terimakasih telah menjadi sumber inspirasi bagiku yang tiada henti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WONDERFUL INDONESIA - BENGKULU

Prosedur dan Syarat Pendirian Perseroan

"My Goals" EL