Rencana Bisnis / Business Plan | Elmiza Md

Haayyyy temen - temen kembali lagi di blog elmiza, nah kali ini aku akan share ke kalian semua tentang Rencana Bisnis atau biasa dengan Business Plan. ini penting banget nih temen- temen buat kita mulai bisnis, karna jika rencana kita bagus dan menarik maka  kita akan dengan mudah menarik investor untuk bisnis kita tersebut. Gimanaa??? menarik bukan!. Yaudah langsung baca aja Yaahhh!!

1.Pengertian Perencanaan Bisnis
Contoh Studi Kelayakan Bisnis | Bisnis Yang Menjanjikan | Peluang ...Perencanaan bisnis merupakan dokumen tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan/pengusaha untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha (business opportunities) yang terdapat di lingkungan eksternal perusahaan,menjelaskan keunggulan bersaing(competitive advantage) usaha, serta menjelaskan berbagai langkah yang harus dilakukan untuk menjadikan peluang usaha tersebut menjadi suatu bentuk usaha yang nyata. Sedangkan menurut Peggy (2000: 131), perencanaan bisnis adalah suatu cetak biru tertulis yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, perincian finansial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolaannya. Seorang  pengusaha yang tidak bisa membuat perencanaan sebenarnya merencanakan kegagalan. Rencana usaha harus dibuat tertulis sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan dan pedoman untuk menjaga agar kegiatan bisnis terarah dan fokus pada pencapaian tujuan. Dengan membuat suatu penilaian terlebih dahulu sebelum melakukan investasi yang kemudian dituangkan dalam suatu laporan secara tertulis, Manfaat yang bisa diperoleh dari perencanaan bisnis adalah, bisa digunakan sebagai pedoman atau alat untuk mengetahui apakah kegiatan bisnis yang akan dijalankan itu memungkinkan dan memiliki kelayakan untuk dijalankan dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkannya serta dapat dijadikan sebagai alat pengawasan. Rencana bisnis biasanya digunakan oleh wirausaha yang sedang mencari calon investor atau penanam modal untuk menyampaikan visi mereka kepada calon investor atau penanam modal.

2.Fungsi dan Manfaat Perencanaan Bisnis
1.      Wadah untuk menampung rencana bisnis. Alat control segala kegiatan yang akan dilaksanakan ketika gagasan usaha diimplementasikan.
2.   Menyampaikan kepada pihak lain maksud dan tujuan penyususnan rancangan usaha.Memperoleh perhatian dan keterlibatan pihak lain untuk membantu, terutama dalm mewujudkannya menjadi perusahaan yang nyata.

3.Prinsip Rencana Bisnis
Terdapat beberapa macam prinsip perencanaan usaha. Berikut ini adalah prinsip-prinsip perencanaan usaha yang kami peroleh dan kami pahami dari referensi kami.
1.      Perencanaan usaha harus dapat diterima semua pihak
2.      Perencanaan usaha harus fleksibel dan realistis
3.      Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha.
4.   Perencanaan usaha harus merumuskan cara-cara kerja usaha yang efektif dan efisien. Efektifitas, menghasilkan produk/ layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Efisiensi, meminimalisasi penggunaan sumber daya perusahaan dan mengeliminasi birokrasi.

4.Komponen atau Format Rencana Bisnis
Untuk menyusun sebuah Bussiness Plan yang baik, Anda harus mencantumkan elemen berikut ini:
1) Nama Bisnis Anda
Hal pertama yang harus Anda cantumkan tentu saja nama bisnis Anda. Anda juga bisa menceritakan sedikit tentang bisnis Anda, latar belakang bisnis Anda, atau hal apa saja yang bisa menjelaskan tentang bisnis Anda. Singkat saja tidak usah panjang-panjang.
2) Tujuan (Visi & Misi) Perusahaan Anda
Setiap perusahaan atau bisnis pasti memiliki tujuan. Anda tulis secara spesifik visi dan misi bisnis Anda di sini. Anda bisa juga memulainya dengan menulis visi bisnis Anda.
Visi adalah tujuan besar atau tujuan utama yang ingin Anda raih lewat bisnis Anda. Misi adalah tujuan-tujuan lebih kecil yang bertujuan untuk mencapai visi bisnis Anda
3) Analisa Produk/Jasa Dalam Bisnis Anda
Di sini Anda harus menjelaskan secara detail tentang produk atau jasa yang Anda jual. Jelaskan juga kapasitas produksi Anda dalam sebulan seberapa banyak, dan bagaimana strategi yang akan Anda lakukan untuk memenuhi target produksi Anda. Jangan lupa juga untuk menjelaskan kelebihan produk Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing lain.
4) Target Market Bisnis Anda
Di bagian ini Anda harus menjelaskan secara spesifik target market Anda seperti apa. Anda jelaskan berapa umur target market yang akan Anda tembak, mereka berasala dari wilayah mana,  daya belinya seberapa besar, hingga bagaimana kehidupan sehari-hari mereka.
Jika customer Anda kebanyakan berada di pusat perbelanjaan, Anda jelaskan pusat perbelanjaan yang seperti apa. Jika customer Anda berasal dari internet, jelaskan secara rinci berapa jumlahnya dan bagaimana kebiasaan mereka dalam menggunakan internet.
Jangan lupa juga, Anda harus mampu menganalisa dan memprediksi perkembangan pangsa pasar Anda. Jika pangsa pasar Anda terus meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun, maka bisnis Anda adalah bisnis yang sangat potensial dan mampu menarik perhatian investor untuk memberikan modal.
Dari analisa target market ini nantinya Anda bisa mengambil keputusan untuk strategi marketing yang akan Anda gunakan.
5) Strategi Pemasaran Yang Akan Anda Gunakan
Setelah Anda membuat analisa target market, Anda bisa mengambil keputusan bagaimana strategi marketing yang akan Anda buat untuk memasarkan produk Anda.
Misalnya dari analisa target market di atas, Anda menemukan data bahwa market potensial Rukmi Batik ada di Instagram, maka selanjutnya Anda harus membuka toko online di Instagram dan memasarkan produk Anda di sana setiap hari.
Di bagian ini juga Anda harus menjelaskan bagaimana strategi promosi yang bisa Anda gunakan untuk memikat konsumen dan mengalahkan pesaing Anda. Misalnya dengan promo double diskon, giveaway, special member, dan sebagainya.
6) Analisa Keuangan
Nah, ini adalah bagian terpenting dalam Bussiness Plan. Jika di bagian ini Anda sudah salah, maka ke depannya bisnis Anda akan semakin salah. Karena itu pastikan Anda teliti dan realistis dalam menyusun analisa keuangan.
Dalam analisa keuangan ini nantinya Anda akan menulis berapa saja biaya (modal) yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda, yang mencakup :
1.      Biaya produksi
2.      Biaya marketing
3.      Biaya sewa tempat untuk usaha (bila ada)
4.      Pengadaan alat untuk usaha (termasuk alat produksi, komputer, dan alat tulis kantor jika ada)
5.      Biaya transportasi
6.      Gaji tim (termasuk gaji Anda sebagai direktur dan gaji karyawan-karyawan Anda)

Setelah Anda menemukan total biaya yang harus Anda keluarkan untuk memulai bisnis Anda, selanjutnya tugas Anda adalah menghitung BEP (Break Event Point). Break Event Point ini berguna untuk menentukan kapan bisnis Anda akan balik modal / impas (total penjualan sudah mampu menutup total biaya start up atau modal).
Setelah bisnis Anda mencapai BEP, bulan-bulan selanjutnya bisnis Anda tinggal menghasilkan keuntungan. Biasanya, semakin cepat BEP Anda raih, semakin tertarik investor dalam menanamkan modalnya.
7) Proyeksi Omset Dan Profit
Setelah Anda membuat analisa perhitungan total modal dan BEP, tugas selanjutnya bagi Anda adalah membuat proyeksi omset dan profit untuk bulan-bulan berikutnya. Cara membuat proyeksi omset dan profit :
1.      Anda tentukan target produksi untuk bulan-bulan berikutnya setelah BEP
2.      Anda hitung biaya operasional yang diperlukan untuk produksi dalam sebulan
3.      Anda buat jumlah target penjualan setiap bulan Dari sini Anda bisa menghitung omset setiap bulan
4.      Setelah itu kurangi jumlah omset dengan biaya operasional (termasuk biaya produksi, gaji karyawan setiap bulan, tagihan lisrik air,  dan biaya marketing) agar Anda bisa menentukan profit yang dihasilkan berapa.

Nih temen - temen aku kasih Video Tutorialnya juga, biar makin ngerti dan paham yaahhh:

https://youtu.be/6J3s0_rNtP0

Gimana?, Sudah paham kan yah mengenai rencana bisnis. Langsung Dipraktekin aja yah biar tahu betapa pentingnya hheee. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kalian yah Temen-temen. See you and the next Blog akuuuuu.  👧✋

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WONDERFUL INDONESIA - BENGKULU

Prosedur dan Syarat Pendirian Perseroan

"My Goals" EL