"BUSINESS MODEL CANVAS"
YUUKKK TAHU TENTANG BUSINESS MODEL CANVAS
Yang pergi biarlah pergi,
Walau pergi tetap di hati.
Good morning apa kabar hari ini.
Perkenalkan saya paling cakep disini.
HAHAHAHA
Hellowww Guys, selamat datang di blog aku. Kali ini aku mau buat artikel tentang bisnis model kanvas. Untuk membuat sebuah usaha baru, pastinya kita butuh dong yang namanya rencana matang dan jelas dari segala aspek. Nah, pastinya kita wajib membuat perencanaan yang maksimal supaya bisa menarik pelanggan dan produk atau jasa yang ditawarkan bisa laku keras. Makanya, kita wajib pake bangetttttt mengenal dan membuat bisnis model kanvas. Kenapa???? Karena dengan bisnis model kanvas bisa membantu mengatur dan merencanakan usaha kita, bahkan dari dasarnya lohhhhh. Penasaran kaaaan?? Cusss kita bahas.
DEFINISI MODEL BISNIS
Model Bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana
sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai, baik itu
ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Model bisnis akan sangat
mempengaruhi performa bisnis dan keberhasilan serta kemajuan sebuah perusahaan.
APASIH BISNIS MODEL KANVAS (BMC) ITU?
Bisnis model kanvas (BMC)
adalah kerangka
kerja yang dikenal banyak untuk mendefinisikan model bisnis startup.
Kanvas disusun dengan tujuan untuk menjelaskan, menilai, memvisualisasikan,
serta mengubah model bisnis sehingga kinerja yang dihasilkan oleh startup lebih
maksimal. Model bisnis ini bisa diterapkan oleh semua jenis startup tanpa
terbatas sektor usaha. Konsep bisnis model canvas (BMC) mengandalkan
gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil
terhadap tipe-tipe konsumen mereka, pengeluaran biaya, cara kerja perusahaan
dan sebagainya.
TERUS,
GIMANA SIH MENERAPKAN BISNIS MODEL CANVAS DALAM PERUSAHAAN?
Ada 9 elemen penting di dalam bisnis model canvas
(BMC) yang akan dibahas satu-persatu di bawah ini.:
1.
CUSTUMER
SEGMENTS (SEGMEN PELANGGAN)
Elemen pertama yang harus kita miliki dalam
memulai business model canvas ini adalah menentukan segmen pelanggan
mana yang akan menjadi target bisnis kita. Misalnya, ada 2 stasiun sepatu yang
dirancang dengan model berbeda untuk memenuhi segmen pelanggan yang berbeda.
Segmen ini tentang hubungan penjual barang dan pembeli sesuai dengan kebutuhan.
2. VALUE PREPOSITION (PREPOSISI NILAI)
Value proposition merupakan nilai jual produk/jasa
kita sehingga konsumen lebih memilih perusahaan kita daripada competitor. Disini
kita berbicara tentang keunggulan produk, apa saja nilai-nilai yangbisa
mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan bagi customer segment-nya.
Hal ini akan menjadi kesempatan buat kita untuk menjabarkan kekuatan dan
keunggulan yang membedakan bisnis kita dengan bisnis yang lain.
3.
CUSTUMER
RELATIONSHIP (HUBUNGAN PELANGGAN)
Selanjutnya adalah memahami konsumen dan
´mendekati´mereka. Cara mendekati konsumen ada banyak, baik secara
personal, by phone, dan sebagainya. Di
dalam customer relationship, kita bisa mengetahui cara apa sih yang paling
efektif untuk berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen.
4.
CHANNELS
(SALURAN)
Jika kita menggunakan channels yang tepat,
maka kita bisa menyampaikan value propositions kepada customer
segments. So, yukk pikirkan channels yang akan kita gunakan dengan
baik, karena penentuan channels adalah salah satu elemen penting bagi
keberhasilan sebuah bisnis.
5.
KEY
ACTIVITIES (KEGIATAN UTAMA)
Nahhh, kalau elemen ini berfungsi untuk
pengorganisasian aliran suatu barang atau layanan lainnya. Posisi-posisi partner kunci
tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas dari key activities yang
telah dibuat. Ga ada salahnya menjalin hubungan baik untuk menciptakan
siklus bisnis sesuai dengan ekspektasi, kan? Kita bisa bekerjasama dengan
beberapa perusahaan atau usaha lainnya untuk meningkatkan performa usaha kita
supaya lebih cepat meningkat.
6.
KEY
RESOURCES (SUMBER DAYA UTAMA)
Sumber daya utama berisikan daftar sumber daya yang
sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value
proposition mereka. Semua jenis sumber daya, mulai dari pengelolaan bahan
baku, penataan sumber daya manusia, dan penataan proses operasional menjadi
perhatian dalam membuat model bisnis.
7.
KEY PARTNERS
(MITRA UTAMA)
Dalam sebuah bisnis, pastinya membutuhkan partner kerja
yang mendukung perusahaan. Kalau sampai saat ini kita belum menemukan keunikan
dari produk/jasa kita dikarenakan kurangnya networking, sudah pasti kita butuh
partner kerja yang dapat membantu kita mencapai value proposition.
8.
COST
STRUCTURES (STRUKTUR BIAYA)
Struktur biaya merupakan skema finansial yang membiayai
operasional perusahaan berapa uang yang harus kita keluarkan untuk melaksanakan
aktivitas perusahaan per harinya? Berapa biaya untuk sumber daya yang dipakai?
Berapa harga pemasaran produknya? Dll.
REVENUE
STREAMS (ALIRAN PENDAPATAN)
Terakhir,
kita juga bisa menilai pentingnya setiap elemen biaya dengan melihat
bagaimana elemen itu menghasilkan pendapatan. Kegiatan apa yang Anda lakukan
yang menghasilkan aliran pendapatan yang berbeda? Kita perlu memperhatikan apa
yang perlu dilakukan untuk mempertahankan penghasilan itu dan menilai
seberapa amannya di masa depan.
CONTOH BISNIS MODEL KANVAS (BMC)
BISNIS MODEL KANVAS KOPI HITZ
Segmentasi Konsumen
Target
konsumen adalah generasi millennial dengan rentang usia 15-60 tahun.
·
Pelajar.
·
Mahasiswa.
·
Pegawai.
Proposisi
Nilai
·
Kopi Hitz
menyediakan kopi aneka varian yang kekinian dengan cita rasa otentik dan bahan
baku berkualitas terbaik.
·
Kopi Hitz
didesain berbentuk kafe yang nyaman untuk bekerja atau hanya sekedar
menghabiskan waktu luang.
Jalur
·
Sosial media
·
Karnaval
kuliner.
·
Aplikasi
pengantaran makanan daring.
Hubungan
dengan Pelanggan
·
Memberikan
diskon 50% untuk pembelian pertama.
·
Promo gratis
dua cup Kopi Hitz varian tertentu dengan membeli tiga cup kopi.
·
Promo khusus
untuk pembelian melalui aplikasi pengantaran makanan daring.
Sumber
Pendapatan
·
Modal
pribadi pemilik Kopi Hitz.
·
Penjualan
per cup Kopi Kulo.
·
Penjualan
menu pendamping Kopi Kulo.
·
Sistem bagi
hasil melalui kerja sama dengan pedagang yang menitipkan produk di Kopi Hitz.
Aktivitas
Kunci
·
Membeli biji
kopi kualitas terbaik dari petani Indonesia
·
Menggunakan
bahan-bahan pendamping yang berkualitas.
·
Memberikan
pelayanan terbaik, cepat dan ramah.
·
Mempertahankan
kualitas rasa dari produk-produk yang ditawarkan dari Kopi Hitz.
Sumber Daya
Utama
·
Lokasi
penjualan yang strategis, dekat dengan instansi dan lembaga Pendidikan serta
mall
·
Mesin
espresso otomatis.
·
Petani kopi
Indonesia dengan kualitas biji kopi terbaik.
·
Suplier
bahan dan alat pelengkap.
Mitra Kunci
·
Petani kopi.
·
Suplieer
bahan.
·
Penyelenggara
event festival kuliner.
·
Influencer.
Struktur
Pembiayaan
·
Penyediaan
alat.
·
Penyediaan
lokasi kafe.
·
Penyediaan
bahan baku.
·
Biaya
promosi (pembukaan, festival kuliner, pekan promosi, dan promo kerja sama).
Nahh itu dia sekilas tentang Bisnis Model Kanvas
(BMC). Menarik kan?? Semoga setelah membaca ini kalian bisa lebih semangat lagi
yaaa membagun bisnis kalian.
Semoga bermanfaat yah. Elmiza Md
Komentar
Posting Komentar